Peran orangtua dalam kehidupan anak sangat penting, termasuk merawat, mengasuh, dan membesarkan mereka. Tidak hanya Ibu, tetapi Ayah juga berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Ayah, pasti akan melindungi anaknya, apalagi jika anaknya seorang perempuan. Ayah juga terkadang ingin menyampaikan banyak hal kepada putrinya, tetapi terkadang apa yang ingin diungkapkan itu sulit untuk terucap. Nah, inilah 5 hal yang ingin diungkapkan Ayah kepada putrinya, tetapi mungkin sulit untuk diucapkan.

  • Ingin anaknya tahu bahwa ia ada untuknya

Sepertinya semua Ayah ingin anaknya tahu bahwa ia akan ada ketika anaknya membutuhkannya. Ia ingin bisa menjadi andalan bagi anak perempuannya. Ayah akan meyakinkan bahwa “tak akan ada yang bisa menyakitimu di dunia ini karena ada ayah di sini”.

  • Ingin anaknya tahu bagaimana “bertarung”

Bisa dalam makna sebenarnya, bisa juga tidak. Ayah terkadang ingin mengajarkan anak perempuannya untuk jadi perempuan yang kuat. Ayah ingin mengajarkan bagaimana caranya menghadapi orang agar ia tak diremehkan, bahkan kemungkinan ia akan mengajarkan bagaimana memukul dan menghindari pukulan pria brengsek.

  • Ingin mengajarkan anak bahwa wanita pun bisa apa adanya seperti pria

Seringkali wanita bersikap jaim, feminin dan elegan. Tak ada yang salah dengan itu, tapi Ayah terkadang juga ingin mengajarkan anak perempuannya bahwa ia pun bisa bersikap konyol dan apa adanya seperti laki-laki. Tak perlu jaga image dan gengsi terlalu tinggi. Wanita lucu justru disukai pria.

  • Ingin mengajarkan pada anak bahwa tak ada batasan apa yang bisa dan tidak bisa dia lakukan

Karena pria dan wanita tak ada bedanya. Jangan hanya karena kamu terlahir sebagai perempuan, kamu membatasi apa yang bisa dan tak bisa kamu lakukan. Inilah yang selalu ingin diajarkan ayah. You can do anything, bahkan pasang lampu, ganti ban mobil dan benerin genteng sekali pun.

  • Ingin mengatakan, berapa banyak ayah telah belajar darinya

Karena bukan hanya orang dewasa yang bisa mengajarkan sesuatu pada anak, anak pun memberi banyak pelajaran berharga pada ayahnya. Inilah yang terkadang ingin dikatakan ayah pada anak. Anak perempuan memberi banyak pengalaman baru dan ayah pun banyak belajar darinya.

Mungkin memang sulit untuk mengungkapkan semua itu (dan bahkan mungkin lebih dari itu). Tetapi hal itu bukan tidak mungkin dilakukan. Ayah dapat saja mengungkapkan hal-hal tersebut kepada putrinya, salah satunya adalah dengan selalu meluangkan waktu bersama putrinya. Dengan meluangkan banyak waktu bersama putrinya, tetapi jangan lupa untuk membagi waktu jika memiliki anak laki-laki juga. Meskipun terkadang anak laki-laki memang lebih dekat dengan Ibunya, tetapi meluangkan waktu bersama juga penting. Ajaklah anak-anak keluar untuk sekedar pergi ke taman hiburan, nonton bioskop, atau lain-lainnya. Tapi jangan ajak anak ke Digital Agency Indonesia ya.

Advertisements