Coklat merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai. Coklat dapat diolah menjadi berbagai makanan terutama kue. Salah satu jenis kue yang menggunakan coklat sebagai bahan utamanya adalah lava cake. Kue coklat yang satu ini tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya. Jadi anda dirumah pasti bisa untuk membuat lava cake. Prosesnya pembuatanya cukup mudah jadi bagi anda yang belum pernah membuat kue sekalipun pasti bisa. Hanya saja memang anda harus memiliki oven dirumah. Langsung saja simak baik-baik resep lava cake berikut ini:

Bahan-bahan yang diperlukan

  • dark cooking chocolate 150 gram
  • mentega tawar 75 gram
  • telur 4 butir
  • garam 1/4 sendok teh
  • gula pasir 125 gram
  • tepung terigu 75 gram (protein sedang)
  • baking powder 1/2 sendok teh
  • Bahan Taburan
  • Gula Donat 1/2 sendok makan
  • kayu manis bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Lava Cake

  1. Pertama-tama potong dark chocolate dan lelehkan bersama mentega dalam satu wadah dengan menggunakan air panas. Pastikan sampai benar-benar larut.
  2. Dengan menggunakan wadah berbeda kocok telur bersama garam dan gula pasir selama kurang lebih 5 menit sampai kental. Setelah itu tambahkan tepung terigu dan baking powder. Ayak dan aduk sampai tercampur rata.
  3. Tambahkan campuran mentega dan dark chocolate tadi kedalam adonan. Aduk lagi sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan adonan kedalam cetakan muffin (pendek) yang sebelumnya telah diolesi margarin.
  5. Masukan adonan kedalam oven dan aturlah suhunya pada 190 derajat celcius. Tunggu selama 13 menit.
  6. Ambil lava cake dari dalam oven, balik dan letakan pada piring saji
  7. Lava cake siap disajikan dengan ditaburi bahan taburan diatasnya.

Demikianlah tadi resep lava cake coklat yang cukup mudah. Silahkan anda mencoba resep diatas dirumah. Lava cake yang bagus adalah saat dibelah maka harus keluar lelehan coklat. Jika terlalu lama dalam oven maka hasilnya coklat akan menjadi keras. Untuk bahan tambahan dan mempercantik tampilan anda bisa menambahkan strawberry diatasnya. Dengan demikian lava cake terlihat cantik saat disajikan dan membuat siapa saja tertarik untuk mencicipinya.

Meskipun begitu resep lava cake ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup menantang. Semudah apapun resep ini dimodifikasi, tetap saja anda membutuhkan timing yang tepat agar cake keras diluar tapi lumer di dalam. Bagaimanapun lava cake kiranya merupakan satu cake yang mustahil jika ingin dijadikan sebagai wedding cake. Pergilah ke wedding cake jakarta jika ingin mencari wedding cake yang spesial dihari spesial pernikahan Anda.

 

Advertisements