Seperti yang kita ketahui, olahraga memang baik bagi tubuh kita. Rasa malas biasanya membuat kita enggan untuk berolahraga. Untuk itu, carilah alternatif olahraga yang dapat menyenangkan. Dr. Grace Tumbelaka SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga menyarankan, salah satu pilihan olahraga yang menyenangkan sekaligus bermanfaat adalah trampoline. Latihan trampoline selain memenuhi unsur kardio/aerobik juga dapat melatih kekuatan, keseimbangan dan kelenturan.

Olahraga trampoline dapat menjadi salah satu alternatif cara menurunkan berat badan dengan gerakan rebounding (melambung) sederhana sudah memberikan efek kardio yang low impact, artinya memberikan stress yang kecil terhadap persendian lutut sehingga mengurangi risiko cedera. Secara umum, manfaat olahraga trampolin yang sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah adalah:

  1. Memperbaiki sirkulasi

Membantu memperbaiki baik sirkulasi pembuluh darah maupun jaringan limfatik sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, menurunkan inflamasi dan detofikasi.

Detoksifikasi adalah sistem pengeluaran racun dari tubuh. Organ yang berperan dalam hal ini adalah hati, ginjal, kulit, dan kantung empedu. Dalam proses detoksifikasi ini dibutuhkan sirkulasi pembuluh darah maupun sistem limfatik yang baik.

  1. Menurunkan berat badan

Menurut livestrong.com dan dailymail.co.uk, sepuluh menit olahraga trampolin setara dengan 30 menit berlari dan bisa sebagai antiaging, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan proses pencernaan dan pembuangan, memerangi sel-sel kanker,meningkatkan pengambilan oksigen, memperkuat jantung dan paru-paru

  1. Menurunkan stres dan meningkatkan fungsi kognitif

Kamu bisa bersenang-senang saat melakukan trampolin, dan hal ini bisa sekaligus menurunkan stres, meningkatkan hormon bahagia, mengurangi gejala pra-menstruasi bagi wanita dan meningkatkan fungsi kognitif.

  1. Saat ini bahkan digunakan sebagai rehabilitasi cedera

Jika dilakukan dalam satu program latihan yang baik, maka manfaat yang dihasilkan lebih besar lagi. Riset yang sudah dipublikasikan di beberapa jurnal kesehatan dan kedokteran bahkan menunjukkan trampolin sangat baik untuk penderita penyakit tertentu. Misalnya pada meningkatkan keseimbangan pada orangtua, stabilitas pada anak disable, dan sebagainya.

Jadi, tidak ada salahnya kan bermain trampolin? Jika memang tidak memiliki trampolin di rumah, saat ini banyak sport center sudah menyediakan trampolin di tempat mereka. Jadi tidak perlu khawatir untuk kesulitan menemukan trampolin lagi guys.

Advertisements