Ayam adalah salah satu hewan unggas yang banyak dikembangbiakkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga beberapa negara lainnya. Di Indonesia, hewan yang memiliki nama ilmiah Gallus gallus domesticus ini awalnya diduga merupakan keturunan dari ayam hutan merah dan ayam hutan hijau.

Dengan berbagai perubahan habitat, topografi, maupun iklim, kini ayam pun dapat dibedakan secara garis besar sebagai hewan peliharaan ataupun hewan hias. Berikut adalah beberapa fakta tentang hewan yang pastinya sering Anda jumpai tak hanya di desa tetapi juga di area perkotaan.

  1. Masuk dalam kelompok burung

Hewan yang satu ini masih masuk kedalam kelompok Aves atau burung, karena hewan ini memiliki sayap yang berbentuk kecil. Namun demikian, kemampuannya untuk terbang tidak seperti burung yang lainnya meski kepakan sayapnya cukup lebar. Itulah sebabnya, kadang hewan ini dikatakan tidak bisa terbang meski punya sayap.

  1. Berdarah panas

Tahukah Anda, ayam termasuk hewan yang memiliki darah panas atau homoioterm? Hal tersebut menjadikan suhu tubuh hewan yang satu ini tidak akan mudah berubah mengikuti suhu lingkungan. Hewan ini mampu bertahan dalam kondisi udara yang cukup dingin dengan berdiam diatas jerami.

  1. Memiliki dimorfisme seksual

Hewan yang satu ini dikatakan memiliki dimorfisme seksual atau perbedaan yang mencolok antara hewan jantan dengan hewan betina. Untuk ayam jantan selain ukuran dan berat tubuhnya lebih besar, perbedaan lain dapat dilihat pada bentuk jalu di bagian kaki, jengger, warna bulu lebih gelap, serta bulu ekornya yang panjang menjuntai. Sedangkan untuk individu betina, selain bentuk tubuhnya yang kecil, jalu nyaris tidak terlihat, jengger kecil, dan bulu ekor sangat pendek.

  1. Hewan betina bisa berubah menjadi jantan

Pada saat Anda melakukan eksperimen dengan menyuntikkan hormon hewan jantan atau memotong area ovarium ayam betina, maka hewan betina tersebut bisa berkembang dan berubah menjadi ayam jantan. Hal tersebut dapat terjadi karena pada usia dewasa, hewan betina masih memiliki ovotestis yang ada dalam kondisi dorman.

  1. Paling enak dimasak ayam mercon

Siapa yang tidak tahu ayam mercon? Pasti banyak dari Anda yang sudah pernah mendengar nama ini. Ya, ini adalah nama rumah makan, sama seperti namanya, menu yang dijual pun ayam mercon. Percaya tidak percaya, ayam mercon disini sangat enak lho, Anda yang belum pernah bisa langsung mencobanya.

Advertisements