Banyak sekali orang di jaman sekarang yang sadar diri akan penampilan mereka. Mereka begitu mawas dalam menjaga penampilan mereka agar tetap oke. Banyak cara dilakukan mulai dari diet sehat, olahraga teratur, juga menjaga pola makan. Ada banyak sekali jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan orang-orang, mulai dari zumba, aerobik, yoga, bahkan yang simple seperti jogging atau berenang, dan yang sedang trend saat ini adalah latihan plank.

Plank memang sedang marak karena tidak memakan banyak waktu, dan meskipun melelahkan, tapi tidak memerlukan banyak gerakan. Hasil yang ditawarkan latihan plank inipun cukup menggiurkan, dengan latihan rutin selama 2-4 minggu, kita bisa memiliki perut yang rata. Karena itulah latihan plank ini banyak digemari orang-orang segala usia. Nah, terlepas dari itu semua, apakah kalian tahu cara melakukan latihan plank yang benar, guys?

Berikut adalah 3 kesalahan yang biasa terjadi pada saat melakukan latihan plank:

  1. Punggung terlalu ke atas
    Ada kalanya orang terlalu mengangkat punggung ke atas atau justru sebaliknya, terlalu rendah, sehingga membuat punggung bengkok. Plank yang benar adalah menjaga posisi punggung lurus. Posisi salah seperti ini bisa menitikberatkan beban pada lengan dan pinggul sehingga mudah lelah dan sakit.
  2. Menurunkan pinggul
    Ketika otot lengan dan perut mulai terasa kaku, umumnya kamu akan secara perlahan menurunkan pinggul. Tentu saja dengan cara seperti ini, otot perut tidak lagi ditekan, sama saja kamu tidak melatih otot perut. Tak ada gunanya latihan seperti ini. Cara mengatasinya, kencangkan dan regangkan otot pantat, atau bisa juga memberi jarak pisah, buka sedikit kedua kaki agar posisimu lebih stabil.
  3. Mendongakkan kepala ke depan
    Posisi plank yang baik adalah menunduk atau kepala melihat ke bawah. Menjaga posisi kepala melihat lurus ke bawah akan membuat otot leher tidak tertarik dan stres sehingga menambah beban. Banyak orang salah melakukan plank dengan melihat ke depan atau ke atas.

Jangan lupa untuk tetap mengatur nafas saat melakukan plank ya. Akan lebih baik jika ada orang yang melihatmu melakukan plank, sehingga bisa memberitahu apakah posisimu sudah benar atau masih salah. Jika tak punya teman untuk mengawasi, kamu juga bisa melihat pada kaca besar.

Advertisements