Inginnya punya tubuh langsing. Niatnya mau diet sehat untuk mendapat berat badan ideal. Hanya saja kadang kita lebih sering minder duluan karena membayangkan diet yang yang harus diikuti sangat menyiksa.

Padahal untuk bisa menjaga berat badan yang ideal, ada sejumlah tips diet yang lebih “ramah”. Seperti sejumlah tips diet berikut ini. Tips-tips ini mudah sekali untuk diikuti. Kalau kita bisa melakukannya dengan rutin, bukan hal mustahil kita bisa mendapat tubuh langsing dan sehat.

  • Tak Perlu Mengurangi Makan, Justru “Tambahkan Lagi”

Bayangan kita soal diet biasanya adalah pembatasan makan ini dan itu. Porsi makan pun nggak boleh banyak-banyak. Dikutip dari lifehack.org, alih-alih mengurangi, kamu bisa pilih alternatif “menambahkan”. Dalam arti menambahkan jenis makanan sehat, seperti buah dan sayuran yang kamu suka. Tapi memang harus tetap dikontrol jumlah total kalori yang dikonsumsi, ya. Jangan sampai berlebihan.

diet-sehat-tambah-lagi

  • Pilih Jenis Makanan Rendah Kalori

Perhatikan dengan betul kalori yang dikonsumsi. Kalau kamu suka makan pizza, pilih yang nggak terlalu banyak keju dan kurangi toppingnya. Kalau terpaksa mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, segera imbangi dengan konsumsi banyak serat. Serat sangatlah penting untuk membantu menyeimbangkan konsumsi kalori  yang masuk ke dalam tubuh.

diet-sehat-rendah-kalori

  • Minum Banyak Air Putih

Selain mencegah dehidrasi, minum air putih bisa bantu mengendalikan nafsu makan. Caranya, minum air putih sebelum makan, sehingga rasa lapar bisa sedikit ditekan dan terhindar dari makan kebanyakan. Kurangi minuman yang manis-manis juga, ya.

diet-sehat-minum-air-putih

  • Pilih Porsi Kecil

Inti dari usaha mendapatkan tubuh ideal adalah mengendalikan nafsu makan. Salah satu caranya adalah makan dengan porsi kecil. Bisa gunakan mangkok atau piring kecil saat makan. Sehingga kita jadi lebih mudah mengatur banyaknya makanan yang kita konsumsi. Pastinya juga terhindar dari godaan untuk menumpuk terlalu banyak makanan di piring.

diet-sehat-makanan-porsi-kecil

  • Olahraga Ringan untuk Bakar Kalori

Untuk bisa menurunkan berat badan, penting untuk melakukan aktivitas yang bisa bakar kalori. Melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau nge-dance pun sudah bisa jadi cara seru untuk membakar kalori tubuh. Nggak usah stres dulu mikirin olahraga yang terlalu berat dan melelahkan. Mulai saja dari kegiatan fisik yang kamu suka.

diet-sehat-olahraga-ringan

Satu lagi tips pentingnya adalah perbanyak jalan kaki. Tambah intensitas jalan kaki setiap harinya. Kalau ada waktu luang, gunakan untuk jalan kaki santai.

Tips-tips di atas adalah tips paling dasar untuk bisa mendapatkan tubuh langsing. Kalau bisa dilakukan dengan rutin dan teratur serta diimbangi dengan gaya hidup sehat, yakin deh kamu bakal mendapat tubuh langsing idealmu.

 

Advertisements