Seperti yang kita tahu, ubi jalar merupakan salah satu bahan makanan yang sehat lagi lezat. Biasanya, ubi jalar diolah dengan cara direbus, dikukus, dikolak, dikeripik atau dibuat menjadi berbagai camilan lezat. Tapi tahukah kamu Girls, baru-baru ini para ahli kesehatan menemukan bahwa air rebusan ubi jalar bisa menjadi alternatif cara menurunkan berat badan. Air rebusan ubi jalar yang mengandung pati dari ubi dipercaya bisa menekan nafsu makan.

Dikutip dari laman asiantown.net, para ahli di Jepang menemukan bahwa air rebusan ubi jalar yang dimasak hingga mendidih bisa menurunkan berat badan dengan baik. Nutrisi serta vitamin yang terkandung di dalam air rebusan ini bahkan dipercaya bisa melunturkan lemak dalam tubuh dan membuat tubuh senantiasa langsing lagi ramping.

manfaat ubi jalar

Peneliti yang telah melakukan penelitian terhadap beberapa ekor tikus menemukan bahwa tikus yang diberi air rebusan ubi jalar secara rutin memiliki berat badan yang terjaga. Tikus yang sebelumnya dikatakan obesitas bahkan bisa mengalami penurunan berat badan yang mengesankan. Tak hanya menurunkan berat badan tikus, peneliti juga menemukan bahwa kadar kolesterol berlebih di tubuh tikus berkurang.

Para ahli dari National Agriculture and food Research Organisation, Tsukuba mengungkapkan bahwa, “Tikus yang diberi air rebusan ubi secara rutin selama 28 hari menunjukkan bahwa berat badannya berkurang. Ia juga lebih sehat dan memiliki kolesterol yang normal. Sari pati serta nutrisi yang terkandung di dalam ubi jalar yang larut ke dalam air baik untuk menekan nafsu makan. Nutrisi tersebut juga baik untuk melunturkan lemak serta menurunkan berat badan.”

Sementara itu, Dr Koji Ishiguro mengatakan, “Kita sering kali membuang air rebusan ubi jalar. Tapi ternyata, itu justru sangat baik buat kesehatan. Kami awalnya terkejut dengan temuan ini. Tapi, setelah kami meneliti lebih lanjut, kami percaya air rebusan ubi jalar bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Ia juga sangat baik dalam menekan nafsu makan tanpa melukai sistem pencernaan.”

Meski para ahli menemukan air rebusan ubi jalar bisa menurunkan berat badan, para ahli ini masih akan terus melakukan penelitian lanjutan. Mereka ingin memastikan apakah air rebusan tersebut tidak memiliki efek samping buat kesehatan.

Girls, temuan yang begitu keren dan mengesankan ya. Semoga, temuan ini benar adanya dan kita pun bisa menurunkan berat badan dengan mudah. Tapi ingat, selain konsumsi makanan atau minuman yang bisa menurunkan berat badan, kita juga tetap harus menjaga pola hidup sehat, miliki istirahat cukup dan olahraga cukup.

Advertisements