Berhadapan dengan ibu mertua memang susah – susah gampang girls.Menghadapi ibu kandung yang sudah kita kenal sejak kecil saja terkadang kita mengalami kesulitan, apalagi ibu mertua yang baru bertemu dengan kita saat kita dewasa. Padahal sebenarnya kamu bisa dengan mudah menaklukkan sang ibu mertua apabila kamu tahu karakter dari ibu mertua kamu. Seperti apa sih tipe – tipe ibu mertua yang banyak dihadapi oleh mereka yang sudah menikah? Berikut lima diantaranya.

1. Tipe Ibu Mertua Yang Royal

Beliau adalah tipe orangtua yang tidak pernah hitung – hitungan terhadap anak dan menantunya. Apa saja yang kalian butuhkan akan diberikan apalagi jika kalian sudah memiliki anak. Kalian bisa “memanfaatkan” sifat beliau yang royal untuk membantu kalian pada saat – saat tertentu. Misalnya saat kalian membutuhkan dana untuk membeli rumah pertama kalian.

Namun harus ingat, bagaimanapun royalnya sang mertua, hutang tetaplah hutang yang harus kalian bayar.

2. Tipe Ibu Mertua Yang Cuek

Mertua yang seperti ini biasanya pendiam dan jarang terlibat dalam urusan hidup anak dan menantunya. Mereka biasanya tidak akan ikut campur dengan urusan rumah tangga anaknya kecuali untuk hal – hal yang mendesak.

Meskipun cuek, kamu sebagai menantu harus tetap menunjukkan kepedulian terhadap mereka seperti dengan berkunjung ke rumahnya atau sekadar telepon menanyakan kabar.  

3. Tipe Ibu Mertua Yang Posesif Terhadap Anaknya

Biasanya tipe mertua seperti ini banyak diangkat ke dalam kisah sinetron atau film india, hehehe. Padahal sebenarnya mertua seperti ini juga eksis dalam dunia nyata. Mereka lupa kalau anak laki – lakinya sudah dewasa dan memiliki istri, namun ia tetap mengurusi anaknya sedemikian rupa sehingga mungkin membuat kamu sebagai istrinya tersaingi.

Tidak perlu merasa tersaingi, kamu hanya perlu berlapang dada dan berkompromi dengan suami kamu tentang kondisi yang ada.  

4. Tipe Ibu Mertua Dengan Gengsi Yang Tinggi

Jangan tersinggung apabila mertua kamu jarang ingin makan masakan kamu atau menginap di rumah kalian karena hal itu bisa saja disebabkan oleh gengsinya yang tinggi. Mereka gengsi untuk merepotkan orang lain termasuk anak dan menantunya.

Menghadapi tipe mertua yang seperti ini sebaiknya kamu jangan sering baper atau bawa perasaan ya!

5. Tipe Ibu Mertua Yang Sensitif

Mertua seperti ini cenderung mudah sedih dan tersinggung apabila seseorang bertindak tidak sesuai dengan kehendak hatinya. Bisa saja maksud kamu berbeda namun ditanggapi lain oleh sang mertua. 

Hati – hatilah dalam berbicara atau bertindak jika kamu memiliki mertua yang sensitif. 

Karakter orang memang berbeda – beda termasuk ibu mertua. Kamu bisa mempelajarinya sejak pertama kali kalian bertemu terutama mengorek dari sumber yang paling terpercaya yaitu anak laki – lakinya. Jika kamu baru akan menikah, ada baiknya untuk curi start untuk mencoba mengambil hati mertua. Bisa dengan cara mengajak berdiskusi memilih wedding cake, agar mertua merasa dilibatkan dan turut andil, nah untuk yang satu ini, bawa saja mertua ke wedding cake Jakarta, pasti dijamin mertua kalian bakal puas.

Advertisements