Sekarang ini, marketing dapat dilakukan di berbagai jenis media, termasuk media digital. Media digital yang sekarang sering digunakan adalah media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest dan masih banyak lagi. Digital agency Indonesia berusaha agar marketing melalui media digital dapat bermanfaat, pemahaman mengenai dunia media digital penting untuk dimiliki.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai rencana digital marketing yang baik:

1. Cari tahu konsumen terbaik Anda.
Anda harus mengenal dengan baik audience anda dan konsumen Anda. Audience adalah orang-orang yang dapat menyaksikan marketing media digital Anda, sementara konsumen adalah orang-orang yang berminat dan telah membeli produk Anda.
Untuk mendapatkan konsumen, pertama Anda harus menarik perhatian audience. Cari tahu cara yang mudah digunakan agar Anda dapat berhubungan dengan mereka.

2. Buat pesan dalam bahasa pembeli
Lakukan komunikasi dengan konsumen. Tanyakan alasan mereka memilih produk atau layanan Anda dan perhatikan dengan baik kata-kata yang mereka kaitkan dengan layanan atau produk Anda. Kata-kata tersebut dapat membantu Anda membuat pesan yang baik untuk marketing Anda. Semakin mudah orang-orang relate dengan marketing Anda, semakin mudah mereka tertarik terhadap layanan atau produk Anda.

3. Cari tahu komunitas pembeli Anda
Tanyakan kepada konsumen media informasi yang mereka gunakan bila bermaksud untuk melakukan suatu pembelian. Telusuri dan dalami media informasi yang mereka gunakan. Selain itu, identifikasi saingan Anda dan telusuri juga media yang mereka gunakan untuk marketing. Bila saingan Anda berada dalam media tersebut, seharusnya Anda juga. Untuk menghindari kesan ikut-ikutan, buat isi marketing Anda unik dan berbeda dari saingan Anda.

4. Buat percakapan
Ajak konsumen Anda dalam percakapan. Kembangkan cara untuk menarik perhatian konsumen Anda dengan menjawab pertanyaan yang mereka tanyakan secara online . Berikan informasi dan tips mengenai layanan atau produk Anda. Dengan menyediakan media komunikasi yang mudah dicapai, Anda mengajak konsumen dalam percakapan yang menghasilkan pembelian. 

5. Jadilah beda, sekecil apapun perbedaannya

Menjadi berbeda dari pesaing juga dapat meningkatkan daya tarik tersendiri di mata konsumen. Dengan menyediakan layanan yang tidak disediakan oleh kompetitor Anda, konsumen akan menjadi lebih tertarik dengan Anda. Sekecil apapun itu, buatlah konsumen Anda mengetahui perbedaan Anda dengan kompetitor.

Advertisements