Olahraga lompat tali? Bukannya itu cuma buat atlet-atlet profesional dan petinju? Ehm, ternyata olahraga yang satu ini juga cocok banget untuk perempuan lho. Ada banyak manfaat cantik dan seksi yang bisa kamu dapat dengan melakukan olahraga lompat tali secara rutin.

Olahraga lompat tali termasuk olahraga yang mudah dan murah. Mudah karena bisa dilakukan di mana saja, asal ada ruang kosong dengan lantai keras. Murah karena kita cuma perlu tali sederhana untuk melakukan olahraga ini. Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa kamu dapat dari olahraga lompat tali.

  • Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Olahraga lompat tali bisa meningkatkan koordinasi tubuh dengan membuatmu fokus pada kakimu. Meskipun kita tak secara sadar menaruh perhatian pada kaki kita, tapi otak kita bisa tahu secara pasti apa yang dilakukan oleh kaki kita. Seperti yang dikutip oleh expertboxing.com, semakin banyak trik yang kita gunakan saat olahraga lompat tali, koordinasi tubuh jadi lebih baik.

  • Mengurangi Risiko Cedera Kaki dan Pergelangan Kaki

Olahraga lompat tali bisa meningkatkan koordinasi kaki. Tak hanya itu, lompat tali bisa meningkatkan kekuatan otot-otot di sekitar sendiri pergelangan kaki. Sehingga bisa menurunkan risiko cedera kaki dan pergelangan kaki. Kalau kamu termasuk sering aktif berolahraga seperti tenis dan basket, rutin melakukan olahraga lompat tali bisa sangat membantumu terhindar dari cedera.

  • Membakar Lebih Banyak Kalori

Mau cepat langsing? Atau sedang cari cara mengecilkan perut? Coba rutin olahraga lompat tali. Menurut Science Daily, olahraga lompat tali bisa membakar kalori sampai 1.300 kali per jamnya. Bahkan 10 menit lompat tali setara dengan olahraga lari sejauh 1 mil selama 8 menit. Wah, ternyata manfaatnya besar juga ya. Kalau mau lebih seksi memang perlu rutin olahraganya.

  • Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Menurut American College of Sports Medicine, olahraga lompat tali baik sebagai bagian dari olahraga aerobik. Untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, disarankan untuk melakukan lompat tali tiga hingga lima kali seminggu dengan periode 20 menit setiap kali olahraga. Sistem pernapasan pun jadi lebih teratur dan tak mudah terengah-engah atau kehabisan napas saat melakukan aktivitas fisik yang aktif.

  • Membuatmu Lebih Cerdas

Percaya nggak percaya nih, olahraga lompat tali bisa membuatmu lebih cerdas. Menurut Jump Rope Institute, olahraga lompat tali membantu perkembangan belahan otak kanan dan kiri. Dampak positifnya bisa meningkatkan kemampuan membaca, daya ingat, dan menjaga kesehatan mental. Saat melakukan lompat tali, kita perlu menyeimbangkan tubuh dan pikiran. Sehingga bisa meningkatkan keseimbangan tubuh, refleks tubuh, kepadatan tulang, dan ketahanan otot-otot tubuh.

Satu lagi manfaat yang bisa kamu dapat dari olahraga lompat tali adalah bisa lebih tenang dan mudah mengendalikan diri. Ketika olahraga lompat tali, tubuh dilatih untuk sinkron dengan kemampuan pikiran untuk fokus. Sehingga kita jadi lebih mudah mengontrol diri dan tak mudah panik saat menghadapi situasi tertentu.

Sebelum melakukan olahraga lompat tali, lakukan pemanasan dulu ya Girls. Pilih tempat yang nyaman dan pakai sepatu yang nyaman. Buat pemula, cukup lakukan 5-10 menit dulu untuk awalan. Nanti sedikit demi sedikit bisa ditingkatkan lagi intensitas lompat talinya.

Advertisements