Di tengah kesibukan dan kegiatan yang padat setiap harinya, kita jadi sulit punya waktu untuk olahraga. Padahal olahraga adalah salah satu kunci penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Untuk itu, penting untuk bisa menyiasatinya dengan alternatif lain.

Salah satu cara yang paling mudah adalah meluangkan waktu 30 menit untuk jalan kaki. Jalan kaki 30 menit sehari bisa jadi alternatif olahraga yang sangat mudah dilakukan. Kita bisa cari waktu di sela-sela jam kerja atau kesibukan kita untuk sekadar jalan kaki santai. Manfaatnya pun ternyata sangat luar biasa. Nggak percaya? Langsung saja deh ikuti infonya di sini.

Memperbaiki Mood, Jadi Nggak Gampang Bete

Seperti yang dilansir oleh yahoo.com, Melina B. Jampolis, MD, penulis buku The Doctor on Demand Dietmemaparkan, “Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas jalan kaki rutin bisa memodifikasi sistem saraf dengan cukup signifikan sehingga Anda bisa menekan perasaan marah dan benci.” Apalagi jika kamu melakukan olahraga jalan kaki bersama rekan atau teman, moodmu bisa jadi lebih baik dan nggak gampang bete lagi.

Menghilangkan Perut Buncit

Punya masalah dengan perut buncit? Coba luangkan waktu 30 menit untuk jalan kaki. Melina B. Jampolis, MD kembali menjelaskan, “Hal ini dikarenakan jalan kaki rutin bisa meningkatkan respon tubuh terhadap insulin, yang bisa mengurangi lemak perut.” Ariel Iasevoli, seorang pelatih kebugaran di Crunch, New York City menambahkan bahwa jalan kaki setiap hari adalah cara paling mudah sekaligus efektif sebagai cara mengecilkan perut. “Jalan kaki setiap hari bisa meningkatkan metabolisme karena bisa membakar kalori berlebih dan mencegah kehilangan kekuatan otot yang penting sekali saat kita menua,” ungkap Ariel Iasevoli.

Lebih Mudah Mendapat Ide-Ide Baru dan Segar

Menurut sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition,jalan kaki bisa meningkatkan kreativitas. Peneliti melakukan uji kemampuan berpikir kreatif pada orang yang duduk dan yang jalan kaki. Hasilnya ditemukan bahwa orang yang jalan kaki kemampuan berpikirnya lebih kreatif daripada orang yang cuma duduk saja. Jadi kalau kamu merasa stuck atau sulit berpikir saat mengerjakan sesuatu, coba luangkan waktu untuk jalan kaki beberapa menit. Nantinya, pikiran akan terasa lebih jernih dan gampang untuk fokus lagi.

Mencegah Terkena Penyakit Kronis

Menurut American Diabetes Association, jalan kaki bisa menurunkan kadar gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes. Para peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee juga menyebutkan bahwa jalan kaki bisa menurunkan tekanan darah sampai 11 poin dan mengurangi risiko kena penyakit stroke sampai 20-40 persen.
Sistem Pencernaan Jadi Lebih Lancar

Ingin BAB selalu rutin dan pencernaan lebih lancar? Coba saja luangkan waktu untuk rutin jalan kaki. Jalan kaki bisa mengaktifkan otot-otot perut dan membuat sistem pencernaan berjalan lebih lancar.

Cukup dengan jalan kaki rutin 30 menit setiap hari, sudah ada banyak manfaat yang bisa kita dapat. Yuk, mulai hidup lebih sehat lagi, girls. Untuk menjaga kebugaran tubuh, semua diawali dengan kebiasaan kita setiap harinya.

Advertisements