Dijaman sekarang ini, motor sebagai kebutuhan primer dan mobil sebagai kebutuhan sekunder adalah hal yang wajar. Bagaimana tidak? Dengan perkembangan jaman dan pertumbuhan kepadatan penduduk yang pesat, akan sulit bagi kita jika berkendara tanpa menggunakan alat transportasi. Tidak mungkin kan, di jaman seperti ini kalian mau pergi ke kantor naik kuda?

Entah transportasi pribadi atau umum, yang jelas kendaraan bermotor sudah naik kasta menjadi kebutuhan primer di jaman sekarang ini. Kita pasti akan banyak menggunakan kendaraan bermotor. Jika kalian perhatikan, motor di Indonesia kebanyakan hanya Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Jarang sekali kita temui motor dengan merek selain keempat merek tersebut.

Apakah kalian tahu asal-muasal dari keempat brand raksasa tersebut? Semua didalangi oleh empat pengusaha Jepang yang biasa disebut The Big 4. Penasaran? Yuk intip.

  1. Torakusu Yamaha

Benar, berawal dari perusahaan pembuat alat musik yang kemudian merembet ke dunia otomotif, Yamaha Torakusu merupakan pendiri perusahaan Yamaha. Tahun 1888 adalah tahun dimana dia berhasil memproduksi organ di Jepang, dan menandai awal dari perusahaan Yamaha.

yamaha

  1. Soichiro Honda

Sempat ditolak oleh perusahaan Toyota, Honda Soichiro tidak menyerah. Ia terus menerus melakukan percobaan dan penelitian untuk perlombaan motor balap, hingga pada akhirnya tim Honda menang dan mengawali kesuksesan Honda sebagai perusahaan global.

honda

  1. Shozo Kawasaki

Adalah anak dari seorang pedagang Riemon Kawasaki, sempat menjelajah ke seluruh Jepang untuk berdagang, pada tahun 1873 menjadi wakil-presiden Nipponkoku Yubin Jokisen Kaisha. Dan pada tahun 1887 mendirikan Kawasaki Heavy Industries.

kawasaki

  1. Michio Suzuki

Berawal pada tahun 1909 sebagai pemroduksi mesin pemintal, Suzuki beralih ke dunia otomotif pada tahun 1937. Sempat menutup total pabriknya karena perang dunia dan gempa, Suzuki buka kembali sebagai pemroduksi mesin pemintal, lalu pada tahun 1952 meluncurkan mobil pertamanya.

suzuki

Itulah rangkuman singkat para Big 4 dari negri Sakura tersebut, kalian bisa mencoba googling untuk info lengkapnya mengenai mereka. Yang jelas kita harus berterimakasih pada mereka karena sudah memudahkan hidup kita. Jangan kebut-kebutan di jalan raya ya guys, apalagi di digital agency Indonesia. Stay safe ya dalam berkendara!

Advertisements