Sesungguhnya tidak ada seorangpun yang menginginkan perangkatnya terjangkit virus. Baik komputer, laptop, bahkan juga smartphonenya. Alasannya tentu saja karena virus adalah sesuatu yang berbahaya, dan dapat menyebabkan kerugian, hingga mematikan/merusak perangkat kita. Banyak para digital agency Indonesia yang mungkin sering menangangi virus. Tapi tahukah Anda jika  ternyata kerugian yang disebabkan oleh sebuah virus bisa melebihi dari apa yang Anda bayangkan?

Bagaimana jika sebuah virus dapat mengakibatkan kerugian hingga US$ 80 juta? Atau US$10 miliar? Pastinya tidak ada yang mau kan, tapi beberapa virus di bawah adalah kasus berbeda. Tetapi ada virus-virus berbahaya di jaman dulu yang memang menyebabkan kerugian tersebut. Kemampuan anti-virus yang belum mumpuni pada waktu itu menjadi salah satu faktor penyebab mengapa ada virus yang sampai dapat mengakibatkan kerugian yang begitu besar. Berikut adalah ringkasannya.

  1. SQL Slammer

Rilis pada Januari 2003, virus ini yang bertanggung atas kacaunya jaringan dan sistem komputer di dunia. Menyebabkan kerugian yang mencapai angka 1 miliar USD. SQL Slammer juga dikenal dengan nama The Slammer dan Sapphire. Adalah virus terkenal yang menyerang web server. Jaringan internet dunia sempat mengalami masalah akibat ulah SQL Slammer.

Menyebar dengan sangat cepat, virus ini dapat mengganggu baik itu jaringan private dan public. Jelas ini mengganggu masa depan dunia internet bila dibiarkan. SQL Slammer mengirimkan paket data dalam jumlah yang sangat besar, menyebabkan server hampir mati. Bank of America dan sistem emergency 911 di Washington adalah korban dari SQL Slammer.

virus1

  1. Melissa

Jangan bayangkan Melissa sebagai nama dari perempuan cantik. Aslinya sih memang virus ini dinamakan sesuai dengan nama salah satu penari erotis di Florida. Melissa merupakan virus mematikan yang dibuat oleh seorang pria bernama David L. Smith. David membuat virus ini pada tahun 1999.

Virus Melissa dalam bentuk word document ini dipost pada alt.sex usenet grup. Diklaim bahwa isinya merupakan daftar email serta password dari situs pornografi. Ini jelas saja membuat banyak orang penasaran dan mengkliknya. Setelah dibuka, virus ini akan mengirimkan dirinya sendiri melalui email, membuat meningkatnya traffic email. Akibat virus Melissa ini, kerugian yang disebabkannya diperkirakan mencapai angka 80 juta USD.

virus2

  1. Conficker Virus

Dikenal juga dengan nama Downup atau Downadup. Conficker merupakan virus yang termasuk dalam golongan worm. Pertama kali menyerang komputer pada tahun 2008. Virus ini memanfaatkan kelemahan komputer untuk membuat botnet. Botnet sendiri adalah sekumpulan program yang saling terhubung melalui internet yang berkomunikasi dengan program-program sejenis untuk melakukan tugas tertentu.

Virus ini bisa terkenal karena berhasil menginfeksi sebanyak 9 juta komputer di seluruh dunia. Termasuk di dalamnya adalah komputer di pemerintahan, perusahan, dan individu. Mampu menyebabkan kerugian yang mencapai 9 miliar USD, Conficker akan mereset semua akun yang ada di komputer, mematikan fitur update Windows, menutup akses ke website antivirus, dan mematikan sejumlah service penting yang berjalan di komputer. Virus ini memaksa Microsoft untuk bekerja sama dengan beberapa perusahaan antivirus untuk bisa menghapus virus tersebut.

virus3

  1. Code Red

Code Red pertama kali muncul pada tahun 2001. Kemunculannya berhasil diketahui oleh karyawan eEye Digital Security. Oleh mereka, virus tersebut dinamai Code Red. Alasan kenapa diberikan nama Code Red cukup unik. Virus tersebut ditemukan ketika mereka sedang meminum Code Red Mountain Dew.

Virus yang termasuk worm ini biasanya menyerang komputer yang sudah terinstal Microsoft IIS. Ketika sudah menyerang, virus ini akan memanfaat celah pada sistem. Code Red akan menggandakan dirinya di dalam komputer. Tentu saja ini membuat sistem semakin berjalan lambat.

virus4

  1. I LOVE YOU

I love you merupakan bahasa Inggris dari Saya suka kamu. Tentu siapa saja bakal senang bila mendapatkan ucapan tersebut dari orang yang disuka. Tapi di dunia komputer beda sendiri ceritanya. I Love You adalah virus paling mematikan dan terkenal sepanjang sejarah dunia komputer.

Sebanyak 10% komputer di dunia yang terkoneksi dengan internet, diduga telah terjangkiti virus ini. Kerugiannya tidak main-main, diperkirakan mencapai 10 miliar USD. Dibuat oleh 2 orang asal Filipina yaitu Reonel Ramones dan Onel Guzman. Si pembuat virus membuat virus ini sedemikian rupa agar korban mengklik sebuah lampiran yang berisi virus. Setelah dikllik, virus tersebut akan menyebar ke seluruh alamat email yang ada di daftar email dan membuat komputer tidak bisa masuk dalam boot.

virus5

Advertisements