Sebagai seorang fresh graduate, tentu saja kita pasti ingin cepat-cepat bekerja dan memiliki penghasilan. Biasanya, meskipun tidak selalu, kita menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang kita ambil di perkuliahan. Seperti misalnya jurusan ekonomi, biasanya akan mengincar posisi marketing di perusahaan-perusahaan. Jurusan pendidikan, mengincar sekolah-sekolah ternama yang memiliki reputasi bagus. Ada pula jurusan psikologi yang mengincar posisi HRD, dll.

Meskipun memang akan sangat senang jika dapat bekerja di tempat yang sesuai dengan jurusan yang diambil, akan tetapi ada juga pengecualian. Seperti para digital agency Indonesia, yang selain mencari pekerja dari jurusan IT, mereka juga mencari dari jurusan bahasa yang memang dibutuhkan untuk membuat konten. Akan tetapi, apapun perusahaannya, dimanapun kita bekerja nantinya, biasanya sebagai seorang fresh graduate, gaji yang kita terima rata-rata adalah 3 juta rupiah.

Nah, dengan gaji seperti itu, bisakah kita menabung? Jawabannya adalah bisa, berikut adalah tips untuk menabung meskipun dengan gaji 3 juta. Tapi pertama perlu diketahui bahwa ini sekiranya berlaku di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya, karena di daerah lain bisa jadi 3 juta adalah jumlah yang besar mengingat biaya hidup yang tidak sama.

  1. Hiduplah sesuai pendapatan

Hidup sesuai pendapatan yang kita miliki memang hal yang mendasar, dan semua orang mengerti akan hal ini. Akan tetapi tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik, tergantung dari diri kalian sendiri ya guys. Jangan prioritaskan foya-foya, akan tetapi prioritaskanlah menabung dulu yang memang lebih penting setidaknya sampai gaji meningkat.

  1. Tetapkan tujuan/niat

Buatlah tujuan/niat kalian dalam menabung, untuk siapa dan untuk apa adalah acuan mendasar yang baik. Misalnya ‘aku ingin menabung untuk membeli mobil untukku pribadi,’ atau ‘aku menabung untuk membantu adik bersekolah’ dan lain-lain. Berusahalah untuk terus mengingat-ingat tujuan dan niat kalian agar tidak khilaf dalam membelanjakan sesuatu.

  1. Jangan boros jajan

Jangan boros, jangan membeli yang tidak penting, jangan mengikuti hasrat duniawi, karena hal-hal seperti itu pasti tidak akan ada habisnya. Hindari tempat seperti diskotik atau mall, disitulah biasanya tanpa sengaja kalian akan menghabiskan banyak uang. Kontrol diri adalah mutlak, jangan sampai terbawa suasana lalu langsung menghabiskan banyak uang.

  1. Manage keuanganmu

Memanage keuangan di jaman sekarang sudah tidak sulit lagi, sudah ada banyak aplikasi di ponsel yang dapat digunakan untuk membantu mengatur keuangan kalian. Jadi kalian tidak memiliki alasan untuk malas mencatat pengeluaran di buku, karena hal itu sudah tidak berlaku lagi sekarang ini. Usahakan untuk rutin mencatat anggaran kalian.

  1. Jangan menunggu

Yang paling penting adalah jangan menunggu akhir bulan baru menabung, alokasikanlah uang kalian sejak awal gajian. Misalnya menabung 500 ribu rupiah dulu untuk permulaan, lalu sisanya untuk biaya hidup, bukan tidak mungkin jika memang kalian memiliki tekad yang kuat untuk menabung kok guys. Baru jika memang terpaksa kurang, kalian dapat mengambil dari yang 500 ribu tadi.

Lakukanlah hal diatas hingga gaji kalian meningkat, lalu setelahnya kalian bisa menabung lebih banyak. Setelah itu jika dirasa perlu untuk berinvestasi, lakukanlah investasi di emas yang dapat mengalahkan inflasi. Semoga bermanfaat, dan semoga beruntung guys. Selamat menabung.

Advertisements