Siapa yang tidak tahu garam? Mulai dari anak kecil, apalagi orang tua semuanya mengetahui garam dengan rasanya yang asin. Hampir semua masakan juga menggunakan garam sebagai penambah rasa. Selain itu garam juga termasuk salah satu bahan yang sangat mudah sekali didapatkan, dengan harga dari yang termurah hingga yang termahal pula.

Akan tetapi mungkin tidak banyak yang tahu bahwa garam memiliki manfaat untuk membersihkan. Membersihkan? Mungkin kalian banyak bertanya-tanya ya guys, tetapi benar bahwa garam memiliki banyak sekali manfaat untuk membersihkan peralatan dapur. Penasaran? Berikut adalah 5 hal yang bisa kamu bersihkan menggunakan garam guys.

  • Talenan

Cara yang paling mudah untuk membersihkan talenan dari kuman bakteri dan sisa-sisa makanan adalah menggosok dengan garam dan lemon. Gosok merata dan diamkan selama kurang lebih 3 menit, lalu bilas hingga bersih.

  • Kerak di gelas atau kaca

Jika terdapat kerak putih bekas air pada gelas atau kaca, garam juga bisa menjadi solusi mudahnya. Tuangkan air panas dan gosok dengan garam secara merata, biarkan selama kurang lebih 5 menit, bilas hingga bersih.

  • Bak cuci piring

Wastafel atau bak cuci piring yang kotor juga akan mudah dibersihkan dengan campuran garam dan lemon atau cuka. Tuangkan 1 sdm garam, 1 sdm cuka / sepotong lemon, gosok hingga merata, lalu lap dengan kain yang dibasahi.

  • Bekas kopi dan teh

Bekas kopi dan teh di gelas atau di meja kaca yang ketumpahan juga seringkali susah dibersihkan. Cukup gosok dengan garam dan sedikit sabun cuci piring, gosok merata hingga bersih, lalu bilas hingga bersih.

  • Panci besi

Ada kerak, gosong dan segala bekas masakan yang menempel di panci? Cukup gunakan garam dan kain lap. Garam yang kasar akan membantu menggosok dasar panci hingga bersih. Setelah digosok, biarkan kurang lebih 10 menit, baru bilas bersih.

Nah, bagaimana guys? Semoga tips-tips diatas dapat membantu kalian dalam bersih-bersih rumah ya, dan meskipun garam mudah didapatkan dan relatif murah, tapi jangan mencari garam di digital agency Indonesia ya guys, hihi.

Advertisements