Berlari merupakan salah satu olahraga yang simpel yang banyak dilakukan oleh orang dari semua kalangan. Selain itu, manfaat dari olahraga lari juga sangat banyak, misalnya membuat tubuh menjadi fresh dan enerjik, membantu menurunkan berat badan, menyehatkan tubuh kita, dll. Meskipun memang olahraga ini dapat digunakan menggunakan bantuan treadmill, tetapi olahraga ini sebaiknya dilakukan di luar ruangan untuk sekaligus mencari udara segar.

Tetapi ternyata sebelum melakukan olahraga lari di luar ruangan (actual running) ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Berikut adalah 5 hal penting yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan olahraga lari.

Menggunakan baju olahraga yang sesuai

jogging1

Pilihlah baju dengan bahan yang tipis di pagi hari, gunakan celana pendek, dan sepatu olahraga. Pastikan Anda merasa nyaman dengan atribut yang Anda kenakan. Lalu jika Anda memilih berlari di siang hari, kenakan jaket dan celana panjang, Anda juga bisa memakai topi jika ingin. Hal ini bertujuan agar tubuh Anda kepanasan dan mengeluarkan keringat lebih banyak.

Jangan lupa melakukan pemanasan

jogging2

Pemanasan merupakan hal yang penting sebelum memulai aktifitas berlari Anda. Kemungkinan terburuk jika Anda berlari tanpa pemanasan terlebih dahulu adalah kram, yang kemudian bisa membuat kaki kesleo, jatuh lalu memar, dll. Karena itu biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum Anda berlari atau melakukan olahraga apapun.

Baca juga artikel lain seputar IT di digital agency Indonesia.

Jangan sampai Anda dehidrasi

jogging3

80% tubuh kita terdiri dari air, karena itu penting bagi kita untuk terus menjaga kadar air di dalam tubuh. Jangan sampai niat awal ingin berolahraga agar sehat, tetapi lantas malah dehidrasi. Untuk itu sebaiknya jangan lupa membawa bekal air minum, atau setidaknya uang untuk membeli minuman. Minum sebelum, saat, dan setelah berlari untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik.

Memilih area/trek berlari yang aman

jogging4

Jangan berlari di tempat yang tidak umum digunakan untuk berlari/jogging. Gunakanlah tempat atau trek yang memang dikhususkan untuk berlari/jogging. Biasanya jika Anda tinggal di perumahan, akan ada trek sendiri, tetapi jika memang tidak, Anda dapat pergi ke tempat seperti misalnya ke sekitar stadium GBK yang memang digunakan banyak orang untuk berolahraga.

Jangan menggunakan headphone/earphone

jogging5

Penggunaan headphone saat berlari seperti sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Berlari sambil mendengarkan musik dinilai dapat membuat lebih bersemangat dan fokus, padahal tidak selalu. Penggunaan headphone dengan musik yang keras malah dapat membuat Anda tidak aware dengan lingkungan sekitar Anda, bisa saja ada mobil yang mau lewat, atau anjing yang mengejar Anda.

Advertisements