Yogyakarta memang gudangnya tempat wisata dan budaya yang tidak ada matinya. Selalu saja ada hal-hal yang baru yang kita temukan setiap harinya di kota pelajar itu. Tidak terkecuali kulinernya. Kuliner? Seperti bakpia, gudeg, atau oseng-oseng mercon? Bukan, bukan kuliner yang seperti itu, melainkan kuliner ekstrem. Penasaran dengan kuliner ekstrem yang ada di kota Yogya guys? Berikut adalah 5 kuliner ekstrem yang ada di Yogyakarta.

  1. Belalang goreng/bakar

Di Yogyakarta, Gunung Kidul adalah tempat yang terkenal dengan kuliner belalang goreng/bakarnya. Ada yang langsung digoreng dengan bawang dan garam, ada juga yang dicelupkan ke bumbu bacem terlebih dahulu supaya ada rasa manis-manisnya. Selain enak dijadikan lauk, menjadikan belalang goreng/bakar ini juga tidak kalah nikmat lho guys.

  1. Kepompong ulat goreng

Siapa kira hama ulat jati yang berjatuhan dari pohon jati saat musim hujan dijadikan bahan pangan oleh warga Gunungkidul. Nyatanya itu memang terjadi, warga yang tinggal di daerah pegunungan kapur tersebut pun seperti nggak ragu untuk memasaknya dengan terlebih dulu mengukus kepompong ulat tersebut. Rasanya renyah mirip dengan belalang goreng.

  1. Sate landak dan kuda

Sate landak dan sate kuda juga menjadi primadona pecinta kuliner ekstrem di kota pelajar ini guys. Untuk sate kuda, teksturnya mirip seperti daging sapi, hanya saja lebih ‘alot’ dan memiliki lebih banyak serat. Nah untuk sate landak, kalian wajib mencicipinya guys. Karena daging landak bertekstur lembut dan tidak amis, maka sate landak ini adalah makanan ekstrem yang must-try!

  1. Tongseng kelelawar dan tupai

Mendengar namanya saja sudah membuat kita merinding, akan tetapi rasa yang ditawarkan keduanya ternyata tidak kalah lho dengan kuliner ekstrem lain yang ada di daftar ini. Akan tetapi memang memakan daging kelelawar dan tupai membutuhkan banyak keberanian, lihat dari bentuknya saja belum tentu kalian bisa kuat guys.

  1. Swikee katak dan telurnya

Swikee memang merupakan salah satu makanan yang biasa dijajakan di Yogyakarta. Mulai dari swikee goreng tepung, swikee saus tiram, dll. Tetapi bagaimana dengan telur katak? Beranikah kalian memakan makanan yang satu ini? Eits jangan salah, bentuknya boleh tidak menyenangkan, tetapi bukan tanpa alasan lho telur katak dijadikan makanan. Berani coba, guys?

Tentunya kalian bisa mendapatkan kuliner-kuliner ekstrem seperti di atas di wilayah Yogyakarta ya guys. Memang beberapa kuliner ekstrem diatas khas Yogyakarta, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalian bisa mendapatkan kuliner-kuliner tersebut di tempat lain. Asalkan jangan mencari kuliner-kuliner ekstrem diatas ke kantor para digital agency Indonesia ya guys, hihi.

Advertisements