Bagi kamu pecinta alam sejati dan yang doyan banget naik gunung, pasti gak asing kan denger rumor atau desas-desus tentang sebuah gunung. Biasanya ada rumor yang berbau mistis dan angker seputaran gunung, dan para pendakinya. Mungkin juga beberapa diantara kalian ada yang pernah naik ke gunung ini dengan teman-teman, dan mengalami sendiri kejadian yang berbau mistis. Tentu saja di digital agency Indonesia tidak ada hal yang berbau mistis seperti itu ya guys.

Berikut adalah 5 cerita misteri di gunung di Indonesia, tentu saja masih berbau mistis dan angker, semoga kamu kuat ya.

  1. Misteri Kabut Hitam di Gunung Sindoro

Ada cerita yang berbau mistis mengenai gunung Sindoro. Salah satunya yaitu kabut yang sering menyelimuti kawasan tersebut. Kabut yang sering disebut dengan sebutan ‘Pedhut’ itu ternyata ada dua jenis. Kabut berwana putih dan hitam. Kabut putih hampir setiap hari muncul dan sering menyelimuti badan hingga puncak gunung.

Sedangkan kabut hitam ini sering muncul di kawasan dekat puncak atau di wilayah tanaman vegetasi di Sindoro. Konon menurut masyarakat sekitar gunung Sindoro, kabut yang hitam itu biasanya muncul tiba-tiba dan tidak lama, tapi sering membuat pendaki tersesat atau kebingungan untuk mencari jalan.

  1. Misteri Makhluk Kerdil di Gunung Slamet

Konon di jalur Guci pendakian gunung Slamet terdapat makhluk kerdil yang dahulunya adalah manusia yang tersesat ketika sedang mendaki. Makhluk kerdil tersebut awalnya mencoba bertahan hidup dengan memakan dedaunan seperti hewan, tetapi seiring berjalannya waktu makhluk kerdil itu kehilangan jati diri manusia karena terlalu lama hidup seperti hewan. Makhluk kerdil tersebut suka bersembunyi karena takut jika bertemu pendaki.

Meskipun makhluk kerdil takut kepada manusia, namun apabila pendaki mendirikan tenda di sekitar Plawangan dan meninggalkan makanan di depan tenda maka makhluk kerdil ini akan mengambil dan memakan tanpa sempat disadari oleh para pendaki.

  1. Misteri Benteng Gaib di Gunung Halimun

Gunung Halimun terletak di sebelah timur dari Gunung Salak, perbatasan antara Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Lebak. Konon katanya, di sekitar wilayah ini terdapat benteng-benteng milik Prabu Siliwangi yang tidak kasat mata dan dijaga oleh ratusan harimau Sang Prabu.

Misteri Gunung Halimun ini tidak lepas dari sejarah kehancuran Kerajaan Siliwangi yang diserang Kesultanan Banten. Karena mengalami kekalahan sisa-sisa pasukan kerajaan Siliwangi melarikan diri, laskar perang bubat melarikan diri ke Gunung Salak dan punggawa Siliwangi melarikan diri ke Gunung Halimun.

  1. Misteri Hantu Wanita di Gunung Semeru

Di balik keindahannya, Ranu Kumbolo ternyata juga menyimpan kisah misteri yang beredar luas di kalangan masyarakat sekitar dan para pendaki. Ranu Kumbolo juga dikenal sebagai tempat istirahat para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak mahameru.

Konon para pendaki yang berkemah disini seringkali melihat sosok hantu wanita di tengah Ranu Kumbolo. Di tengah danau yang jernih ini pada malam bulan purnama sering muncul sosok penampakan yang diyakini sebagai dewi penunggu Ranu Kumbolo. Penampakan itu sering muncul berupa kabut tebal yang berkumpul lalu menjadi sesosok wanita.

  1. Misteri Pasar Setan di Gunung Merapi

Cerita mistis di gunung Merapi yang satu ini memang paling dikenal di kalangan para pendaki. Di gunung berapi teraktif di Indonesia ini, ada satu lokasi yang dikenal mistis, yakni Pasar Bubrah atau Pasar Setan. Jaraknya yang hanya satu kilometer sebelum puncak, menjadikan tempat ini sebagai favorit bagi para pendaki untuk bermalam. Mereka biasanya bermalam sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak atau sekadar menungu matahari terbit esok hari.

Tak jarang orang yang bermalam di Pasar Bubrah mengalami hal mistis, seperti mendengar suara-suara orang bertransaksi atau mendengar suara gamelan di malam hari. Konon salah satu pendaki pemula pernah membeli sebuah pisang di lokasi ini. Padahal kenyataannya tak pernah ada warung berjualan di Pasar Bubrah atau Pasar Setan ini.

Advertisements