Akhir-akhir ini banyak sekali usaha-usaha baru yang muncul dan pencetusnya kebanyakan pemuda, tetapi kamu masih begini-begini saja dan masih bingung ingin membuka usaha apa. Kebanyakan orang stuck menjadi karyawan karena bingung ingin membuka usaha apa. Tetapi tahukah kamu bahwa sebenarnya mendapatkan ide bisnis itu tidak sesulit kelihatannya?

Jika bingung ingin membuka usaha apa, mengapa tidak melihat di sekelilingmu? Apa yang paling kamu butuhkan, apa yang menjadi keinginanmu, dan apa yang menjadi kebiasaanmu? Lebih luas sedikit, coba amati masyarakat, apa yang sedang trend, apa yang sedang viral, dan biasanya ide akan tiba dari situ. Sebagai penolong, intip nih beberapa ide bisnis yang bisa kamu lakukan.

  1. Bisnis Makanan

Siapa yang tidak butuh makan? Setiap orang butuh makan normalnya 3 kali sehari, dan itu berjalan setiap hari, sampai mati. Mengapa tidak membuat bisnis f&b (food and beverages)? Dengan sedikit inovasi, ciptakanlah bisnis makananmu yang tidak mungkin ditolak orang.

  1. Bisnis Pakaian

Bisnis pakaian juga salah satu yang tidak pernah mati, apalagi dengan adanya fashion yang membuat makin banyak orang berburu fashion demi menjadi trendi dan kekinian. Coba saja membuka outlet pakaian yang kekinian, yang menjual trend pakaian masa sekarang.

  1. Bisnis Properti

Bisnis yang satu ini memang menggiurkan, akan tetapi sepertinya belum dapat dimainkan oleh orang muda karena membutuhkan biaya yang besar pula. Tetapi bukan tidak mungkin ya, pemuda melakukan bisnis properti, asal ada kemauan, pasti ada jalan.

  1. Bisnis Jasa

Bisnis Jasa ini adalah sesuatu yang luas, artinya bisa berupa jasa apa saja. Logikanya, tidak semua orang dapat melakukan semuanya sekaligus, karena itu banyak orang cenderung membayar untuk jasa. Misalnya jasa pembuatan iklan, atau jasa pembuatan website Jakarta.

  1. Bisnis Pertanian/pertenakan

Yang satu ini juga memiliki makna yang luas, artinya bahwa pertanian dan peternakan dapat berupa apa saja, mulai dari perkebunan, ternak ayam/sapi, hingga ternak ulat sutra. Apa saja yang kiranya memiliki peluang yang baik untuk sekarang dan masa mendatang.

Advertisements