Apakah kamu termasuk orang yang suka tidak sadar menghabiskan uang padahal belum akhir bulan? Awas guys, kalian harus lebih berhati-hati dalam me-manage uang kalian. Biasanya tanpa sadar kamu menghabiskan uang dan lupa digunakan untuk apa, untuk itu perlu untuk membuat daftar pengeluaran kamu dalam sehari di malam hari sebelum tidur.

Gaji UMR memang tidak banyak, tetapi bukan berarti tidak cukup. Bisa kok dihemat, kamu hanya perlu menghindari dan sadar akan hal-hal berikut ini yang sering membuat kamu lupa diri.

  1. Pulsa atau paket data internet.

Pulsa atau paket data internet sekarang ini udah jadi kebutuhan pokok setiap orang. Nah, kalau tidak kembali kamu cek kembali penggunaannya, bisa-bisa pulsa internet habis terus beli lagi dan lagi dalam sebulan. Pengeluaran jadi membengkak, deh. Salah satu mengakalinya adalah dengan memanfaatkan wi-fi yang ada di sekitarmu (kantor, kampus,dll) dan menggunakan paketmu sendiri kalau memang tidak ada wi-fi di sekitarmu. Tenang, biasanya para digital agency Indonesia memiliki wi-fi sendiri kok.

  1. Makanan.

Makanan juga bisa bikin kantong jebol. Gimana nggak jebol kalau makan sehari-hari kamu milihnya di kafe-kafe mahal? Terus seminggu sekali nongkrong sama temen di restoran mahal? Wah, kalau begini terus, bisa-bisa minggu pertama pasca gajian, gaji kamu langsung habis. Cobalah untuk berhemat dengan makan di warung-warung, tapi ingat juga ya untuk cari yang bersih. Bisa-bisa ingin berhemat tapi malah jadi sakit.

  1. Fashion dan perawatan diri.

Siapa yang nggak ingin tampil ganteng atau cantik? Nggak apa-apa kamu beli baju, alat make-up, sampai perawatan ke salon buat ngikutin tren biar kekinian. Walaupun begitu, kamu perlu menemukan cara untuk tetep tampil hits tanpa bikin tekor. Sekarang banyak outlet baju atau toko online baju sekaligus aksesoris yang nawarin harga terjangkau. Boleh sih belanja ke mall, tapi sesuaikan juga ya dengan pemasukan atau penghasilan kalian.

  1. Nongkrong sama temen.

Nongkrong sama temen segeng itu seru abis. Apalagi kalau dibarengi sama makan, minum, atau ngemil. Nah, kalau nggak mempertimbangkan budget acara ini, nongkrong bisa jadi salah satu alasan kamu bokek mendadak sebelum akhir bulan, lho. Bisa saja kamu tanpa sadar memesan tambahan-tambahan sebagai snack mengobrol bersama teman-teman kalian. Karena itu sebaiknya carilah tempat yang murah meriah untuk nongkrong.

  1. Transportasi.

Ya, transportasi juga bisa bikin kantongmu cekak. Misalnya aja kamu milih bertempat tinggal jauh dari kantor atau kampus yang bisa bikin budget transportasi membengkak. Terus bisa juga karena kebiasaanmu yang nggak bisa lepas dari kendaraan bermotor walaupun tempat tujuan deket sehingga duit kesedot buat bensin. Sebisa mungkin hemat bensin, lalu budgetkan juga anggaran untuk bensin selama seminggu.

Advertisements