Semakin kemari, kebutuhan hidup semakin banyak pula. Dulu orang tidak perlu membeli kuota, tapi sekarang orang butuh kuota. Dulu orang tidak mengenal gadget, tapi sekarang kita mengenal handphone, laptop, tablet, dll yang kemudian menjadi kebutuhan kita. Seiring berkembangnya jaman, kebutuhan orang tidak mungkin berkurang, apalagi biaya pendidikan, kesehatan, dan asuransi juga sudah naik signifikan.

Karena itu tidak ada salahnya untuk kamu yang punya waktu luang lebih untuk bekerja part-time, atau bisa juga kerja freelance, sama. Meskipun sesibuk apapun, tetapi ada kok part-time yang tidak terlalu banyak memakan waktu, dan masih mungkin untuk kamu kerjakan. Cari saja di internet, banyak sekali lowongan freelance, apalagi dengan adanya jasa SEO Surabaya yang membuat mencari job freelance menjadi lebih mudah.

Nah, berikut beberapa freelance yang mungkin dapat kalian lakukan dengan honor yang juga lumayan, adalah pekerjaan yang:

  1. Berhubungan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Saat ini, jaman semakin maju dan berkembang. Kenapa tidak dimanfaatkan? Pasti banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa desain grafis, copywriting, ataupun progammer freelance kan? Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk meraup pundi-pundi rupiah, karena biasanya orang berani bayar mahal karena tidak semua orang bisa.

  1. Berhubungan dengan menulis.

Memiliki hobi menulis juga dapat kamu kembangkan menjadi sebuah pekerjaan part-time, misalnya menjadi penulis novel, atau membuat blog untuk AdSense. Pokoknya yang berhubungan dengan kreatifitas menulis kamu. Keuntungannya sendiri kamu tidak perlu mencari klien, karena murni dari kamu dan untuk kamu sendiri.

  1. Berhubungan dengan bahasa.

Memiliki kemampuan berbahasa asing? Dapat juga kamu manfaatkan dengan menjadi translator atau penerjemah, editor, proofreader, dsb. Saat ini bahasa yang sedang populer untuk di translate serta menghasilkan banyak adalah bahasa Mandarin, coba saja tengok di situs-situs freelance, kebanyakan perusahaan mencari translator yang dapat menguasai bahasa Mandarin (dan Inggris).

  1. Berhubungan dengan pendidikan

Jika kamu adalah mahasiswa, baik jurusan pendidikan maupun bukan, cobalah untuk membuka jasa les privat (atau berkelompok juga bisa). Les ini termasuk yang memiliki kesempatan besar untuk menghasilkan uang karena pasti banyak anak-anak sekolahan membutuhkan les. Apalagi marketingnya dapat dilakukan secara mulut ke mulut, yang gratis tapi efisien.

  1. Berhubungan dengan berdagang.

Kenapa tidak coba saja untuk menjadi reseller suatu produk? Misalnya sedang tren kosmetik dari Korea, atau makanan ringan dari Jepang. Kalian bisa mencoba untuk mencari distributornya disini untuk kemudian membuka online-shop sendiri untuk berjualan produk itu. Meskipun keuntungan baru akan terasa jika ramai pembeli, tetapi kelebihannya adalah kamu tidak akan terlalu repot.

Advertisements