Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa freelance bukan merupakan suatu kegiatan bekerja yang menghasilkan banyak uang dan dapat memenuhi kebutuhan hidup seseorang, sehingga seorang freelancer (sebutan untuk orang yang menerima freelance) dipandang sebelah mata. Padahal pada kenyataannya tidak begitu, freelance (apalagi di luar negri) ternyata dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit lho guys.

Selain karena faktor bahwa orang barat menghargai jasa dengan cukup tinggi, juga karena freelance seringkali tidak membutuhkan waktu sebanyak pekerjaan kantoran biasa. Bisa jadi lebih cepat, karena waktunya yang cenderung lebih fleksibel daripada bekerja di kantoran biasa. Hal itu membuat kita dapat mengambil banyak freelance dalam waktu satu bulan, yang jika diakumulasikan hasilnya bisa melebihi gaji orang yang bekerja di kantoran.

Karena itu tidak masalah jika mengeluarkan sedikit modal untuk membuat website di penyedia jasa pembuatan website Surabaya, karena memang sebaiknya kamu memiliki website sendiri untuk mempromosikan jasa yang kamu tawarkan guys. Kamu juga sebaiknya pindah ke beberapa tempat dibawah ini, karena di tempat-tempat berikut ini dapat menopang kehidupan seorang freelancer guys. Penasaran? Yuk langsung cek aja.

  1. Sevilla, Spanyol.

Sevilla, salah satu kota terbesar di Spanyol ini juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang bekerja freelance. Biaya hidup di Seville tidak begitu tinggi. Kotanya yang berisi bangunan-bangunan tua juga asyik dijelajahi untuk mencari inspirasi.

  1. Las Palmas, Gran Canaria.

Cuaca yang bagus, letak kota yang dekat dengan pantai, dan alam dijamin akan membuat kamu yang bekerja freelance betah tinggal di Las Palmas. Apalagi untuk freelancer yang berprofesi sebagai fotografer, desain grafis, atau juga penulis.

  1. Vancouver, Kanada.

Kota ini dipilih karena penduduk di sana mempunyai kualitas hidup yang baik. Selain itu Vancouver sangat terbuka kepada para pendatang dari bangsa mana saja.

  1. Marseille, Prancis.

Kota kecil Marseille di Prancis ini tak hanya menyediakan semua yang dibutuhkan untuk kehidupan sosial, tapi juga banyak menyediakan peluang pekerjaan untuk orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap.

  1. Lisbon, Portugal.

Biaya hidup yang murah dan akses internet yang cepat sudah pasti disukai oleh freelancer yang memang sangat mengandalkan jaringan internet dalam bekerja. Internet di Lisbon bahkan disebut-sebut sebagai yang tercepat di Eropa.

Advertisements