Tidak bisa dipungkiri, banyak dari kita yang ingin memiliki mobil sendiri yang dibeli dari uang hasil keringat kita sendiri. Apalagi sebagai pria, mobil dapat dikatakan sebagai sebagian kebanggaan diri tersendiri jika dibeli dari hasil jeri payah kita sendiri. Entah itu mobil baru ataupun bekas, yang jelas membeli mobil itu impian hampir semua pria (dan wanita pula tentunya).

Nah, bagi Kamu yang ingin membeli mobil pertama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya. Tidak perlu terburu-buru untuk membeli mobil yang diinginkan, sabar adalah kunci yang dibutuhkan untuk membeli mobil pertama. Berikut ini ada beberapa langkah yang semoga dapat membantu untuk mengambil keputusan dalam membeli mobil pertama Kamu.

  1. Tentukan Budget. Pastikan uang muka yang Kamu miliki setidaknya 20% dari harga mobil. Kalau uang muka Kamu kurang dari jumlah tersebut, berarti mobil tersebut berada di luar budget Kamu. Jangan mengambil cicilan kendaraan bermotor dengan term lebih dari 4 tahun. Kalau Kamu tak bisa melunasi cicilan Kamu dalam waktu kurang dari 4 tahun sesuai kemampuan Kamu, berarti mobil tersebut tidak sesuai dengan budget Kamu.
  2. Pilih Mobil Sesuai Budget. Setelah mengetahui budget sesuai kemampuan Kamu, kini Kamu tinggal memilih beberapa jenis mobil yang sesuai dengan budget Kamu tersebut. Selain itu, perhatikan juga hal lain dalam mobil yang Kamu pilih, misalnya fitur keamanan serta biaya perawatan. Ingat bahwa biaya untuk mobil Kamu bukan sekedar uang yang Kamu keluarkan untuk membeli mobil, tapi juga biaya perawatan, asuransi, dll.
  3. Tentukan Target. Setelah mengetahui jenis mobil yang Kamu incar, tentukan target waktu dan jumlah uang yang harus Kamu tabung sebelum membeli mobil tersebut. Ada baiknya kalau uang yang Kamu sisihkan setiap bulan untuk uang muka berjumlah kurang lebih sama dengan target cicilan kredit kepemilikan mobil Kamu. Kalau Kamu kesulitan menyisihkan uang dalam jumlah tersebut setiap bulan untuk tabungan uang muka, berarti jumlah yang Kamu tetapkan untuk cicilan bulanan masih terlalu besar bagi kemampuan finansial Kamu.
  4. Riset. Sambil menabung, Kamu bisa memastikan kualitas mobil yang jadi incaran Kamu dengan cara mencari rekomendasi mengenai mobil tersebut dari keluarga, teman, ataupun melalui online. Hal ini akan membantu Kamu memilih mobil terbaik yang sesuai dengan kemampuan Kamu serta mencegah Kamu salah membeli mobil yang kurang bermutu.
  5. Cermat Membeli Mobil. Kalau Kamu membeli mobil baru, kemungkinan besar mobil Kamu masih akan terasa nyaman layaknya mobil baru. Tapi kalau Kamu berencana membeli mobil bekas, ada baiknya Kamu meminta bantuan orang yang mengerti mobil dan Kamu percayai untuk memeriksa seluruh bagian mobil yang akan Kamu beli dengan teliti.

Jika Kamu termasuk orang yang opportunis, bisa juga menjadikan jual-beli mobil sebagai bisnis sampingan. Tidak perlu stock barang karena pasti akan kekurangan modal, caranya adalah cukup dengan membuat website yang isinya adalah mobil yang memang ingin dijual, sisanya serahkan ke kreatifitas dan imajinasi Kamu. Jika tidak bisa membuat website sendiri yang nampak profesional, banyak para penyedia jasa pembuatan website Surabaya atau di kota-kota lain kok.

Advertisements