Sebuah kota seharusnya menjadi tempat yang ramai akan manusia yang mendudukinya. Penuh dengan kegiatan-kegiatan sekolah, mall, pasar, rumah sakit, pusat hiburan, dan lain-lain. Penuh dengan kendaraan publik maupun pribadi yang berlalu-lalang, atau orang-orang yang berjalan kaki. Sebuah kota seharusnya ramai, benar?

Namun apa jadinya jika ada kota (dan nyatanya memang ada) yang tidak berpenghuni, guys? Pastinya ada alasan mengapa sampai sebuah kota menjadi kosong dan tidak berpenghuni. Berikut digital agency Indonesia merangkum beberapa kota yang sekarang tidak berpenghuni (dulu pernah berpenghuni) dan disebut-sebut sebagai kota hantu.

Kolamskop, Namibia

Para penambang berlian dari Jerman membuat kota kecil di padang pasir ini setelah menemukan tambang berlian disana. tahun 1954 ditinggalkan oleh semua penduduknya karena deposit berliannya habis. sejak saat itu tidak pernah dihuni lagi sampai sekarang. penduduk pribumi Namibia pun tidak mau tinggal disana, karena konon penghuni baru Kolmanskop adalah … hantu.

Hashima Island, Jepang

Mitsubishi Heavy Industries membelinya pada 1890, karena disini ada tambang batu bara. pulau Hashima (Gunkanjima) juga disebut “pulau kapal perang”, karena bentuknya dari jauh memang seperti kapal perang. populasi di hashima sempat mencapai 5000 jiwa. pada tahun 1960-an pemerintah Jepang lebih fokus pada penggunaan minyak bumi. batu bara mulai ditinggalkan. begitu juga dengan Hashima Island. pulau ini benar-benar tanpa penghuni sampai pada tahun 2009 ketika pemerintah Jepang membukanya kembali untuk destinasi wisata.

Centralia, Pennsylvania

Semua bangunan di kota ini dinyatakan sebagai “eminent domain” alias diambil alih oleh negara. mengapa? karena sejak 1962 terjadi kebakaran besar di tambang batu bara yang terdapat di bawah kota ini. kebakaran di bawah tanah tsb tidak pernah padam hingga sekarang! kebakaran tambang mengakibatkan tanah di atasnya mulai kolaps dan melemahkan srukktur bangunan yg berdiri di atasnya. di beberapa tempat, sudah ada lubang yang mengeluarkan asap. pemda setempat langsung mengungsikan semua penduduk Centralia dan melarang siapa pun masuk ke tempat ini. di kemudian hari kota Centralia menginspirasi pembuatan video game “Silent Hill”.

Oradour-sur-Glane, Perancis

Oradour-sur-Glane tadinya adalah kota kecil di Perancis Barat. kota ini dikepung Nazi Jerman, karena mereka mengira penduduknya menawan komandan mereka. sebenarnya si komandan ditawan di Oradour-sur-Vayres, kota tetangga yang jaraknya 40 km dari Oradour-sur-Glane. nasib sial menimpa kota ini. penduduk pria diberondong dengan senapan mesin, penduduk wanita dan anak-anak dikurung di gereja serta lumbung gandum yang kemudian dibakar. Tentara Nazi kemudian membumi hanguskan kota. setelah perang dunia ke dua berakhir, pemerintah perancis mengabadikan kota ini sebagai monumen dan museum perang dunia kedua. semua bangunan dibiarkan apa adanya.

Kayakoy, Turki

Kayakoy adalah kota yang dibangun di ataa kota tua Carmylessus. di kota ini hampir semua penduduknya keturunan Yunani dan beragama Kristen. letaknya? di Turki, yang 90 persen Muslim. ketika tensi memanas diantara 2 negara tetangga Yunani dan Turki, hampir seluruh penduduknya meninggalkan Kayakoy dan mengungsi menuju Yunani. itu tahun 1923. hingga saat ini Kayakov tidak pernah dihuni lagi. Pemerintah Turki menjadikannya sebagai museum dan menyebutnya kota destinasi wisata. penduduk Turki lebih suka menyebutnya kota hantu.

Advertisements