Nyamuk adalah salah satu hewan yang membawa berbagai macam penyakit, seperti misalnya malaria, demam berdarah, kaki gajah, dll. Karena itulah kita perlu menjaga kebersihan rumah kita agar terbebas dari nyamuk. Jika kamu sudah membersihkan rumah tapi masih merasa kurang, dapat juga menanam beberapa tanaman untuk mengusir nyamuk seperti tanaman berikut ini.

  • Lavender

Bunga lavender memiliki kandungan linalool dan lynalyl yang aromanya sangat tidak disukai nyamuk. Itulah mengapa lavender sering dipakai menjadi wangi lotion anti nyamuk. Nah, tumbuhan lavender sendiri termasuk salah satu yang mudah untuk ditanam, jadi kamu bisa mencoba menanam sendiri lavender di rumah untuk mengusir nyamuk.

  • Geranium

Kandungan zat geraniol dan sitronelol yang terkandung di dalam bunga ini juga menjadi alasan mengapa nyamuk enggan mendekat. Tanaman ini cocok untuk ditanam indoor di dekat jendela, karena baunya yang mudah sekali menyebar ke seluruh ruangan dengan bau yang kita sukai, tapi nyamuk sepertinya sangat membencinya.

  • Zodia

Tumbuhan yang satu ini terkenal di Papua, biasanya tumbuhan ini dipakai dengan dioleskan ke seluruh tubuh sebelum berburu masuk ke hutan agar tidak digigit nyamuk dan serangga. Tumbuhan ini cocok ditanam di pekarangan rumah sebagai lapisan pertahanan terluar agar nyamuk tidak masuk ke rumah, baru di dalam kamu bisa menanam lavender atau geranium.

  • Peppermint

Tanaman ini merupakan tanaman yang paling efisien jika kamu menanamnya di rumah. Selain aroma mintnya yang dapat mengusir nyamuk, daunnya pun dapat digunakan sebagai bumbu dapur. Selain itu dikala panas melanda di siang hari, kamu dapat membuat es teh, lalu memetik satu atau dua helai daun mint, dan kamu bisa mendapatkan es teh mint yang segar.

  • Catnip

Kalau kamu memelihara kucing, maka catnip bukan tanaman yang disarankan untukmu, kecuali jika memang kamu orang yang jahil. Zat yang terkandung di dalamnya memang ampuh untuk mengusir nyamuk, akan tetapi tanaman ini juga dapat menjadi semacam ‘ganja’ untuk kucing. Karena kucing yang memakan daun ini akan bertingkah seperti orang mabuk.

Untuk kamu yang ingin usaha jual-beli tanaman seperti ini, itu bukanlah merupakan ide buruk. Kalian bisa mencoba terlebih dahulu dengan memasarkan ke internet. Tentu saja banyak penyedia jasa SEO Jakarta dan sekitarnya yang bisa kamu sewa agar jualanmu berada di peringkat atas mesin pencari. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya.

Advertisements